Skip to content

Belajar AFL Identifikasi Candlestick dan AFL Reva

25 January, 2009

Banyak yang menanyakan melalui japri tentang AFL Identifikasi Candlestick (Pola Candlestick) yang bisa dipakai multi time frame dan AFL Reva.

Dalam kesempatan ini saya coba sampaikan hal di bawah ini, selanjutnya terserah Anda mau mencari dan mengopreknya atau tidak. Kalau Anda tidak mengerti tentang AFL, bisa dibaca dan dipelajari di menu help Amibroker atau materi kursus AFL yang sudah diikuti.

Kedua AFL itu bisa didapatkan dari AFL Library. Candlestick Identification berasal dari AFL Candlestick Commentary yang sudah dioprek menjadi Lilin Warna Warni. Jadi AFL ini bisa dipasang di Guru Chart Commentary (tanpa oprek, tinggal copy paste, caranya jangan tanya saya tapi tanya menu help Amibroker) atau bisa juga ditampilkan keterangannya di chart (perlu oprek) seperti contoh di bawah ini.

AFL Reva adalah hasil oprekan saya (tanpa sengaja, inilah salah satu untungnya ngoprek) dari AFL n Bar Reversal (dari AFL Library) dan AFL Klinger Oscillator (dari milis Junior_Trader/detik forum ttg volume).

Terus terang sampai sekarang saya masih belajar apa guna AFL Reva ini. Dari chart terlihat fungsinya hampir sama dgn Stochastic KD ataupun Ehlers Fisher Transform (pernah dipost di blog ini). Sementara ini Reva baru dipakai untuk trend dan reversal. Garis merah di atas dan biru di bawah berasal dari Bollinger Band sebagai warning kalau Reva keluar maka sudah dekat waktu reversal. Contoh seperti chart di bawah ini.

Kira-kira itu yang dapat saya sampaikan tentang AFL Identifikasi Candlestick dan Reva. Terserah Anda mau belajar dan berkunjung ke AFL Library dan mengoprek AFL nya atau tidak. Jika perlu ikut kursus AFL sekalian, biar tambah canggih.

Memang tidak ada AFL yang sempurna, dan mudah-mudahan dengan ini Anda terpacu untuk belajar AFL dan membuat sendiri sesuai kebutuhan. Saya bukan ahli AFL, cuma senang ngoprek AFL. Jadi kalau ditanya tentang suatu AFL, saya hanya bisa menjelaskannya seperti di atas.

Hati-hati dalam memilih saham, selalu recek dengan chart Anda, pilih yang cocok saja dan jangan lupa MM dipasang di Trading Plan serta Be Discipline.

Semoga bermanfaat.
ES
Investasikan Dunia Mu Untuk Akherat Mu
DISCLAIMER ON

No comments yet

Leave a comment